Kamis, 04 Januari 2018

Desain Rumah Adat Sunda Modern

Desain Rumah Adat Sunda Modern

Rumah Adat Sunda merupakan rumah tradisional yang berasal dari bagian barat pulau Jawa. Rumah adat sunda berbentuk panggung seperti rumah adat jambi dengan ketinggian 50 sampai 100 Cm dari permukaan tanah. Kaki - kaki rumah adat sunda terbuat dari batu balok tetapi untuk saat ini di zaman modern sudah banyak mengalami perubahan tetapi tidak menghilangkan ciri khas dari rumah adat sunda. Untuk rumah sunda yang masih asli belum terkena sentuhan arsitektur modern kaki rumah ini terbuat dari batu yang dinamakan batu tatapakan dalam bahasa sunda. Untuk rumah adat sunda modern sebagai berikut.. 

Desain Rumah Adat Sunda Modern
Desain Rumah Adat Sunda Modern
Pada bagian depan rumah disediakan tangga untuk naik ke dalam rumah, tangga ini terbuat dari kayu atau bambu yang disebut glodog oleh masyarakat sunda. Glodog ini memiliki beberpa anak tangga yang berfungsi untuk membersihkan kaki sebelum masuk kedalam rumah. Tiang rumah adat sunda terbuat dari kayu, bagian bawah atau lantainya menggunakan talupuh atau papan kayu, sedangkan dindingnya memakai bilik atau anyaman dari bambu.
Bagian tengah rumah adat sunda disebut imah, terdiri dari bilik yang kadang - kadang memakai  batas dengan dinding bilik, tapi ada juga yang tidak. Pangkeng atau enggon adalah tempat untuk tidur. Dalam rumah yang agak besar, di bagian tengah ini biasanya ada ruangan untuk berkumpul keluarga dirumah.


Untuk model desain rumah adat sunda modern lainya akan kami berikan pada gambar berikut ini..

Rumah Adat Sunda Modern
Rumah Adat Sunda Modern

Rumah Adat Sunda Modern
Rumah Adat Sunda Modern
Rumah - rumah diatas  bisa menjadi recomendasi untuk model rumah sunda yang modern, dengan penambahan lampu - lampu hias pada ruangan nya. Penambahan taman pada ruangan tengah akan menambah kealamian dan kesegaran yang hakiki yang akan dirasakan pemilik rumah. Rumah juga bisa ditambahkan kolam renang untuk menghilangkan setres saat anda memiliki waktu libur panjang di rumah.
Penambahan taman dan kolam renang ini bisa di jadikan alternatif untuk menghilangkan penat setelah satu hari bekerja.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar